Posted by: M'Creative | 8 January 2013

Obat-obatan / Suplemen Kesehatan Yang Harus Dibawa Dalam Petualangan


“Setiap penyakit ada obatnya”

Kegiatan Outdoor seperti berpetualang dan mendaki gunung mengharuskan kita memiliki fisik dan kesehatan yang bagus. Namun setiap orang berpotensi untuk bisa sakit. Dan agama menganjurkan untuk mencegah agar sakit itu tidak terjadi. ranu kumbolo - Copy

Jangan sampai kegiatan berpetualang anda berubah menjadi bencana karena kondisi fisik yang sakit.

Berikut ini adalah obat-obatan dan bahan-bahan yang sebaiknya anda bawa ketika berpetualang, mendaki gunung atau kegiatan outdoor lainnya. Saya sengaja memilih obat-obatan / bahan kesehatan yang alami dan menghindari bahan kimia

1. Minyak Tanah. Fungsi untuk mengatasi udara dingin dan pegel serta capek-capek. Dioleskan ke ujung2 bagian tubuh. Pakailah minyak tanah yang telah dipanaskan. Atau bisa juga dioles sambil dipanaskan di dekat api/bara. Bisa juga diminum beberapa tetes.  Minyak tanah harus dimurnikan dengan suhu 100-140 derajat, baru bisa dimiunm.  Minyak tanah tidak seperti balsem yang akan membuat kulit terasa dingin jika terkena air atau udara luar.  Apabila jatuh kemudian terluka atau memar, minyak tanah sangat bagus untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Madu murni. Madu merupakan sumber energi yang bagus untuk kesehatan dan stamina, bisa cepat memulihkan suhu tubuh terutama suhu ekstrim di pegunungan. Bisa diminum langsung, dicampur dengan teh, kopi, susu, atau langsung dioles ke roti. Terasa nikmat sekali menjemput sunrise di puncak gunung sambil nge-teh campur madu.

3. Gula aren / Gula merah / Gula kelapa / Gula jawa. Selain madu, Gula kelapa atau biasa orang menyebut Gula jawa, sangat cepat untuk memulihkan stamina. Bisa dimakan langsung atau dibuat minuman.

4. Jelly / Agar-agar /Nata. Agar-agar / nata sangat bagus untuk pencernaan. Ketika dalam kegiatan outdoor seperti melakukan pendakian gunung, seringkali kita makan tidak teratur dengan kadar serat yang rendah karena terlalu sering makan mie, hal ini harus diimbangi dengan makanan berserat, salah satunya agar-agar.

5. Garam Dapur. Selain  berfungsi untuk pengaman dari binatang pengganggu (ular, serangga berbisa dll), garam juga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah. Masak air dengan garam, kemudian rendam kaki atau tangan ke dalam air garam.

6. Sayur dan Buah-buahan.  Bawa buah dan sayur yang tidak mudah layu serta enak dibawa, seperti kol dan wortel Bisa juga membawa sayuran kaleng, namun saya tidak sarankan. Untuk buah, kita bisa membawa klengkeng dan pear. Kedua buah tersebut banyak mengandung air dan awet.

Semua kebutuhan di atas selain mudah dan ringan dibawa, bahan-bahan diatas merupakan barang kebutuhan dapur sehari-hari.

Bagaimana, siap untuk berpetualang???

Referensi : Pengalaman Pribadi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: