Posted by: M'Creative | 18 January 2013

Selamat Datang di Kota Ombak “Sarmi” Papua


Kasukwe, Petam, Sarmi. 12 – 17 Januari 2013

Perjalanan kali ini, start dari kota Jayapura. Mobil travel telah siap sekitar pukul 09:30 WIT. Tujuannya adalah Kota Ombak, “Kabupaten Sarmi”. Kota Ombak Sarmi

Saya tidak banyak menikmati perjalanan ke Kota Ombak Kabupaten Sarmi, dikarenakan sopirnya yang kurang enak bawanya, ditambah saya duduk di kursi paling belakang, jadi tidak banyak pemandangan yang bisa saya nikmati.

Pada saat saya melakukan perjalanan ke Kota Ombak Kabupaten Sarmi kali ini, infrastruktur jalan masih dalam tahap pembangunan. Sepanjang jalan yang ditempuh ke Kota Ombak Kabupaten Sarmi begitu banyak jembatan yang masih dalam tahap pembangunan. Ada teman yang menghitung jumlah jembatan sepanjang jalan menuju Kota Ombak Kabupaten Sarmi. Total jembatan yang ada sepanjang perjalanan menuju Kota Ombak Sarmi adalah sekitar 160 jembatan, dan yang selesai kurang dari 10 jembatan.

Rute jalan yang ditempuh untuk sampai di Kota Ombak Kabupaten Sarmi dari kota Jayapura, masih belum mulus.  Sekitar 20% jalan sudah diaspal, sisanya masih jalan tanah. Hutan dan gunung adalah menu utama sepanjang perjalanan ke Kota Ombak Sarmi.

Apa yang menarik selama perjalanan menuju Kota Ombak Kabupaten Sarmi??? apa ya, bagi saya tidak ada yang spesial, hanya hutan dan gunung, hampir sama dengan di Kalimantan, tanah gambut dengan air yang berwarna merah.

Perjalanan menuju Kota Ombak Kabupaten Sarmi memakan waktu sekitar 8-9 jam, tergantung kondisi jalan dan tentunya kelihaian sopir dalam mengemudikan mobil.

pemandangan di salah satu sudut kota sarmi

Ok mari kita bahas apa yang ada di Kota Ombak Kabupaten Sarmi.

Penginapan

Saat saya ke Kota Ombak Kabupaten Sarmi, penginapan hanya ada di kota, salah satunya adalah penginapan El Roy di Mararena. Mararena merupakan pusat kota Kabupaten Sarmi. Tarifnya masih mahal untuk golongan backpacker, sekitar 300rbu/malam. Anda bisa minta antar sopir untuk langsung turun di penginapan El Roy Mararena Kabupaten Sarmi.

Transportasi

Ojek merupakan transportasi umum yang tersedia di Kota Ombak Kabupaten Sarmi. Ongkosnya juga mahal, kisaran 10-20ribu sekali jalan. Bila anda mau sewa mobil, bisa bertanya langsung ke pelayan penginapan. Hanya ada 1 pom bensin di Kota Ombak Kabupaten Sarmi, itupun tidak setiap hari buka. Bensin eceran di Kota Ombak Kabupaten Sarmi dijual dengan harga 10-12ribu /botol (sekitar 1,25 liter).

Ada Bandara udara untuk pesawat kecil, ada pelabuhan dan pangkalan mobil travel.

nuansa jalan kota sarmi

Kuliner

Hampir di setiap kota yang saya kunjungi di daerah timur Indonesia, sangat susah mencari makanan khas penduduk lokal setempat. Termasuk di Kota Ombak Kabupaten Sarmi. Orang sulawesi bilang kapurung, tapi di papua biasa disebut papeda. Tidak ada yang lain. Ayam Bakar pasti masakan orang jawa, nasi kuning biasanya orang bugis, mie ayam, bakso, soto juga masakan orang jawa. Harganya kisaran 20-30rb/porsi untuk ayam bakar.

Buah Matoa yang merupakan buah-buahan asli papua, banyak dijumpai sepanjang jalan. Buahnya berkulit agak keras, warna dagingnya seperti buah klengkeng, namun lebih kering, rasanya manis, seperti manisnya durian. Buah matoa adalah buah musiman, hanya berbuah sekali dalam setahun. Anda bisa mendapatkan harga yang murah bila membelinya langsung ke penduduk setempat. Namun harganya bisa berkali lipat jika sudah sampai Jayapura. Saya sendiri tidak mblenger makan 1 tas kresek😀

WisataPelabuhan Sarmi

Sesuai dengan namanya “Kota Ombak”, Kabupaten Sarmi Papua mempunyai pantai dengan gugusan ombak yang menawan, Jika kita pergi ke pelabuhan Kota Ombak Kabupaten Sarmi, kita akan bisa melihat pemandangan ombak yang menawan di kejauhan. Percikan ombak seperti kabut di atas ombak.

 

Di Pantai Barat Kota Ombak Kabupaten Sarmi juga tidak kalah cantik, sangat pas dikunjungi saat sunside, dengan senja kemerahan.

 

Hanya sayangnya, pantai di Kota Ombak Kabupaten Sarmi berpasirkan pasir hitam. Namun bagi saya pribadi Wisata Kota Ombak Kabupaten Sarmi pantas dan sangat layak untuk  dikunjungi.Mbro Munir di Pantai Barat Kota Sarmi

Pohon kelapa yang menghiasai tepi pantai semakin menambah nuansa alami.

Spesial Thanks to Mbro Munir


Responses

  1. Menurut sy,sarmi sudah berubah,pelabuhanya sudah bagus,transportasi antara jayapura ke sarmi sudah bagus,,
    lebih-lebih di kota sarmi sudah didirikan bagunan baru,,jalannya sudah di aspal, cuma ada di sebuah kampung nengke km 2,cuma itu aja belum di aspal,,ke unikan lagi kita jalan-jalan di lokbon nengke yaitu bekas perusahaan kayu yang di namakan PT. SUMALINDO,sekarang sisa puig- perusahaan sja, ,kalau di sore hari kita bisa menikmati ke indahan cahay matahari akan tengelam di sore hari,,kampung nengke ini memiliki fasilitas keterangan ( listrik ) di malam hari,hanya dari jam 6 sore sapei 12 malam, dan di sebelah kampung nengke ada lagi nama kampungnya yaitu kampung takar,di kampung ini memiliki penduduk asli orang sarmi,
    untuk bagi saya kampung ini bagus sekali untuk berwisata,masi ada cerita,menarik,seperti tarian lemonipis,tambur,pokonya seru kunjungi ya,,

    • kotanya memang layak untuk dijadikan kota pariwisata,, pantainya masih alami dan banyak kelapa yang tumbuh alami,,

  2. klo dri bndara jypura ke sarmi tu kira brapa jam boz, ,

    • Sekitar 8-9 jam, telah dijelaskan di atas

  3. @DEPRI,,, dari bandara sentani sekitar 7-8 jam.
    kalo dari jayapura sekitar 8-9 jam
    naik taksi (travel minibus) 150-200ribu

  4. tapi sekarang sudah makin cepat kok,,,
    hanya sekitar 5-6 saja dan sudah hapir selesai pengaspalannya kok

    • Jembatannya yg banyak😀

  5. ada kontak person travel yg ke sarmi ngak yach..

    • Travel dari mana ya? Kalo dari Jayapura ada banyak kok,,

  6. lansung aja ke terminal yotefa di abepura , disana tempat mangkalnya kendaraan yg mau ke sarmi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: