Posted by: M'Creative | 24 July 2013

Perlukah Upgrade iOS pada iDevice (iPhone, iPod, iPad)


https://palawa.files.wordpress.com/2013/07/74175-ios-apple-logo.png

Sebenarnya ini adalah pertanyaan retoris. Tidak perlu dijawab. Perlukah Upgrade iOS ? Jawabannya adalah perlu. Namun seberapa perlu?

iOS terbaru yang resmi dirilis oleh apple untuk saat ini adalah versi 6.1.3.

Hal yang perlu diketahui pada iDevice adalah “Kita tidak bisa memilih untuk memasang versi iOS yang mana”. Begitu apple merilis iOS, kita dipaksa untuk tetap pada versi yang kita pakai, atau melakukan upgrade ke iOS terbaru. Misalkan kita memakai iOS 4.3, karena sudah lama update berita, ternyata apple telah merilis iOS 6.1.3. Di sinilah kita pada poisisi bertahan pada iOS yang saat ini digunakan atau mengupgrade ke iOS 6.1.3? Kita tidak akan bisa mengupgrade ke iOS 4.x.x atau iOS 5.x.x, bahkan upgrade ke iOS 6.1.2 pun tidak bisa, kecuali kita telah menyimpan shshblobs.

Sebelum melakukan sebuah perombakan, baik itu upgrade maupun downgrade, ada pertanyaan mendasar yang harus anda jawab sebelum mengupgrade atau downgrade iDevice. “Perlukah upgrade iOS???”

Berikut beberapa pertimbangan / alasan kenapa anda harus mengupgrade iOS pada iDevice anda.

  • Apakah iDevice anda didukung iOS terbaru ?

Tidak semua iDevice generasi bisa di upgrade ke iOS terbaru karena memang hardware nya tidak support. Agar dapat menikmati iOS terbaru anda harus mempunyai perangkat yang didukung.

  • Apakah Anda membutuhkan aplikasi yang hanya bisa running di iOS terbaru.

Beberapa aplikasi mengharuskan anda mempunyai iOS terbaru agar dapat running. Pertimbangkan kembali, seberapa penting aplikasi tersebut untuk anda.

  • Pengaruh iOS dengan iDevice anda.

iOS terbaru biasanya lebih stabil, cepat dan menghemat battery.  Apabila apple telah merilis iOS terbaru dan mengumumkan iDevice yang didukung, berarti apple telah menjamin bahwa iOS terbaru tidak akan menyebabkan masalah pada iDevice yang didukung. Walaupun pada kasus tertentu, ada beberapa yang bermasalah pada hardwarenya, terutama boros battery.

Bila suka dengan mengoprek iDevice atau applikasi gratisan versi Cydia, cek kembali apakah iOS terbaru sudah bisa di jailbreak?

3 hal di atas semoga bisa menjadi pertimbangan anda sebelum mengupgrade iDevice anda. Jangan lupa, menyimpan shshblobs iOS anda sebelum melakukan upgrade.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: