Posted by: M'Creative | 5 May 2014

Tips – Merawat Backpacking Gear (Tenda, Pack dan Bag)


Adakalanya karena ceroboh dan ketidak tahuan kita, outdoor gear kesayangan kita rusak karena penyebab yang seharusnya bisa kita cegah. Berikut beberapa tips merawat outdoor gear agar bisa awet dan tahan lama.

 

Rawat dan amankan tenda  dan slepping bag

  • Cegah Jamur. Sepulang dari perjalanan, segera angin-anginkan tenda, tidak perlu dijemur, cukup dirikan tenda seperti biasa, buka pintu tenda dan biarkan sirkulasi udara mengalir.
  • Mencuci Tenda. Ini pekerjaan yang butuh kesabaran. Kita tidak bisa mencuci tenda layaknya sprei tempat tidur. Siapkan spon/busa lembut yang mampu menyerap air, ember berisi air hangat, sedikit deterjen cair.  Cuci secara perlahan perbagian, tidak perlu dicuci semuanya, tapi cukup bagian yang perlu dicuci saja.
  • Menghilangkan bau apek tenda. Mungkin ada beberapa bagian yang tidak bisa kita bersihkan, namun kita masih bisa menghilangkan bau apek pada tenda. Masukan tenda ke dalam bak besar berisi air hangat dan cairan pembunuh kuman, bisa detol cair. Lalu keringkan
  • Jangan melanggar prosedur keamanan, seperti mendirikan tenda di atas batu2 tajam, meroko/menyalakan api di dalam tenda, mendirikan tenda di tempat yang sempit atau di tempat miring dll.

Merawat  Pack/Tas Anda

  • Straps mengurangi tekanan pada jahitan menahan beban, bukan pada bahu . Jika anda kesulitan memakai tas karena berat mintalah bantuan teman. Memakai tas dengan cara membaliknya (tas didepan dengan posisi dibalik, punggung tas di depan), kemudian mengangkatnya melewati kepala memang dapat meminimalisir tekanan pada straps asal mengangkatnya benar namun terkadang beban yg berat dapat membuat kecelakaan pada diri anda, so pilihlah cara yang aman. Letakkan tas pada tempat yang agak tinggi, lalu masukkan kedua tangan pada kedua straps. Cara ini lebih aman dan tidak membuat tekanan berlebih pada salah satu straps
  • Bukcles. Pengunci pada straps, sabuk dll.  Biasaya terbuat dari plastik. Buckles bisa saja pecah, kejepit pintu atau terinjak. Untuk sabuk pada tas sebaiknya selalu selalu pasangkan dipakai ataupun tidak.
  • Kita bisa mencuci tas untuk menghilangkan kotoran, jamur dan bau apek. Gosok halus noda ataupun jamur dengan sedikit deterjen cair, bilas dengan air yang dicampur detol cair atau cairan antiseptik.
  • Jangan meletakkan benda keras di sisi samping atau sisi luar tas. Biasakan meletakkan nasting, kompor dll di tengah tas, lalu isi disampingnya dengan pakaian atau makanan. Ini untuk menghindari sisi tas robek karena beban terlalu penuh.

Merawat Bag/Kantong (Dry bag, slepping bag)

  • Ketika berada di lokasi camping, pastikan matras yang dipakai bersih dari cairan (minyak dll).  Kita bisa menjemurnnya di atas tenda atau ranting pohon.
  • Keluarkan peralatan yang disimpan dalam drybag setelah dipakai, biarkan semalaman untuk dianginkan. Bisa dicuci dengan air  dan deterjen dengan sikat berbulu halus atau sikat gigi bekas.

Catatan :

  • Bahan waterproof sebaiknya jangan sering-sering dicuci, karena akan menghilangkan lapisan waterproofnya, sekitar 30-40 pencucian.
  • Setelah dicuci bisa menggunakan Waterproofing Spray untuk lapisan waterproof.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: