Posted by: M'Creative | 4 October 2014

Amankah membeli tiket pesawat online (traveloka, tiket dll)


Saya sebelumnya tidak ada masalah dalam hal booking tiket pesawat. Karena saya langsung memesan di situs resmi maskapai.
Iseng2 saya mencoba memesan di tiket.com. Sekali dua kali lalu saya membandingkan dengan traveloka.com, saya bandingkan juga dengan maskapai penerbangan, ternyata memang traveloka paling murah.

Isi datanya juga tidak ribet, cukup nama pemesan, no handphone dan alamat email, sedangkan data penumpang cukup di isi nama penumpang sesuai kartu identitas (sim/ktp)
Langsung ke pembayaran via atm atau internet banking dg batas waktu 3 jam.
Setelah pembayaran selesai, kita bisa konfirmasi pembayaran,  sekitar 15-20 menit kode booking akan dikirim melalui sms dan email.
Kita tidak perlu mencetak di kertas, cukup tunjukan sms dari traveloka.com ke petugas.
Namun ternyata ada masalah dengan sistem ini. Saya jauh jauh hari memesan 3 tiket dengan jadwal dan rute yg sama. 2 tiket saya pesan langsung di situs resmi maskapai, satunya lagi di traveloka.
Apa yg terjadi??? Eng ing engggg, ada perubahan jadwal penerbangan, semula jam 19:00 menjadi 17:30.
Lalu apa masalahnya?
Saya mendapat info pemberitahuan langsung dari maskapai bahwa ada perubahan jadwal atas 2 tiket yg saya pesan
Namun saya tidak mendapat pemberitahuan dari maskapai maupun dari agensi (traveloka.com) atas 1 tiket yg telah saya pesan di agensi.
Betapa kelabakkan saya, karena saya hampir saja tidak menelpon call center maskapai untuk menanyakan tiket yg saya pesan di traveloka.
Saya bersyukur masih bisa merubah ulang semua tiket saya, baik yg saya pesan langsung di maskapai maupun lewat agensi (traveloka.com).
Bila saya telat datang karena mengira tidak ada perubahan jadwal, tiket saya tak lebih berharga dari kertas buat bungkus kacang.
Bagaimana mengecek perubahan jadwal bila tidak ada pemberitahuan dari agensi???
Telpon call center maskapai.
Berikut beberapa kutipan email balasan dari agensi :

Saya telpon call center Lion Air ada perubahan jadwal, tpi saya tidak ada info dari traveloka, via sms maupun email. Silahkan di cek call center Lion Air. Saya telah memesan beberapa penerbangan untuk bulan mei, saya tidak ingin ngecek ke call center Lion Air satu2
Setelah kami melakukan pengecekan belum ada notifikasi dari pihak maskapai Lion Air bahwa.ada perubahan jadwal penerbangan seperti.yang anda tadi sebutkan. Apabila anda mendapatkan informasi atau notifikasi langsung dari pihak maskapai bahwa ada perubahanjadwal, maka ikuti petunjuk dari maskapai selanjutnya. Untuk kode booking sesuaikan kepada pihak maskapai apakah kode booking berubah atau tidak.
Ok thanks supportnya.
Tapi ini tidak menyelesaikan masalah. Yg jelas sya pesan dari traveloka sebagai agensi, itu masalah antara maskapai dg agensi.
Kami sebagai pelanggan tidak perlu tau masalah yg terjadi dengan kalian (maskapai dg agensi). Maskapai kemungkinan jg tidak mempunyai contact pemesan yg tersimpan di
database agensi, maskapai hanya butuh data penumpang dari agensi dan pemesan disini adalah a.n agensi.
Saya tidak bsa mengecek semua tiket yg sudah saya pesan dari traveloka, ini membuang waktu dan biaya.
Bisa saja maskapai mengelak bilang sudah mengirim notifikasi kepada agensi Nanti agensi bilang belum ada notifikasi dari maskapai.
Korbannya jelas “customer” Kecewa??? Of course.
Apa yg terjadi jika saya tidak datang tepat waktu karena perubahan jadual???
Perbandingan dengan pemesanan langsung di maskapai, mereka selalu memberi
notifikasi bila da perubahan, Sriwijaya Air dan terutama Lion Air
Intinya sistem yg berjalan belum baik! Ini masukan buat traveloka. Kira2 kalo sistem masih amburadul begini, berapa ya yg akan jadi korban, apalagi org awam.
Sebagai informasi, kami selalu memberikan contact number para customer kepada pihak maskapai yang bersangkutan, karena data nomor telepon yang Anda input ketika melakukan pemesanan sudah langsung terdaftar di pihak maskapai.
Mohon maaf atas ketidanyamanan ini. Terima kasih atas saran dan kritikan yang telah Anda berikan. Kami akan selalu memperbaiki sistem dan kinerja kami.

so becarefull, perlindungan konsumen di Indonesia masih sangat lemah
http://www.djafa.org~ always opens your minds


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: