Posted by: M'Creative | 4 October 2014

Beli peralatan gunung import, lokal, original, branded atau yang biasa (kw)


Outdoor Gear for Kids

Outdoor Gear for Kids

Kegiatan outdoor semakin marak dan Indonesia dengan Cincin Apinya memang syurganya para pendaki. Berencana membeli outdoor gear untuk menemani petualangan??? Atau ingin upgrade alat-alat gunung?

Bingung memilih alat-alat gunung? Yang original, import dan branded pastilah membuat kantong menipis namun kualitas dan gengsi yang menanjak. Sebaliknya beli yang lokal, kw dan unbranded tentulah membuat kantong tetep tebel, namun kualitas yang sering tipis sesuai dengan price.

Kegiatan outdoor memang  terkait dengan resiko berbahaya, terkadang nyawa menjadi taruhannya. Jika anda penggiat climbing, kualitas adalah nomor satu, tidak peduli berapapun harga peralatan yang dibutuhkan, nyawa tetap prioritas utama.

Lalu bagaimana? Berikut beberapa tips sebagai panduan sebelum membeli peralatan gunung maupun outdoor gear lain untuk mendaki gunung.

Membeli peralatan outdoor bisa di timbang dengan beberapa point berikut

1. Kebutuhan, fungsi dan Manfaat

Seberapa penting barang yang mau dibeli? Apa fungsi dan manfaat yang bisa diambil? Contoh sederhana, seberapa penting membeli kacamata? Lebih memilih membeli sepatu dengan kualitas yang baik tanpa bisa membeli kacamata, atau membeli sepatu kualitas biasa tapi juga bisa membeli kacamata?

Peralatan yang menyangkut safety, haruslah dengan kualitas yang baik dan sudah teruji, terutama Sepatu, Tas, Kompor, Senter, Trekking Pole. Jangan sampai sepatu yang harusnya menyelamatkan malah menjadi bencana karena terpeleset. Sebagaimana kompor gas yang tidak boleh bocor.

Slepping bag, tenda, jaket hujan, water blader, matras,  nasting, jam tangan, dll hanyalah alat bantu. Rata-rata suhu puncak gunung di Indonesia tak kurang dari 10 derajat, berdasarkan ketinggian dan geografis bumi (keberadaan lembah, tanah)

2. Kualitas dan Harga

Apakah harga mahal merupakan patokan kualitas? YA. Ada harga ada kualitas. Namun jika memang punya budget lebih dan ingin membeli barang dengan kualitas bagus, pastikan mencari reviewnya sebelum membeli, terkadang tidak semua barang mahal kualitasnya bagus.

Penulis pernah membeli sebuah pisau yg harganya 500rbuan, made in USA pabrik di china, dengan harga segitu, penulis masih kecewa dengan kualitas pisau yang penulis dapatkan.

Ada beberapa merk yang memang sudah teruji kualitasnya, namun tidak sedikit yang mengecewakan.

3. Import, lokal, ori atau yang kw?

Kembali ke point 1. Seberapa aman diri kita selama berpetualang? Apakah semua peralatan minimal untuk keselamatan sudah terpenuhi?  Jika ingin membeli barang Original Branded, pastikan barang tersebut memang original.

Peralatan seperti, jaket, celana, sleeping bag, matras dll sudah banyak yang dibuat pabrik lokal dengan harga miring, walaupun kualitasnya memang terkadang jauh, tapi alat-alat tersebut masih di toleransi.

4. Buat daftar dan bandingkan

Jika sudah menentukan mana saja yang dibeli, buat daftar dari barang-barang tersebut. Misal membeli sepatu, ada banyak tipe dan merk sepatu dengan kualitas dan harga masing-masing. Pilih yang diinginkan dengan harga yang tidak jauh berbeda, bandingkan dan pastikan ukurannya memang sesuai dengan yang anda inginkan.

5. Jangan membeli jika tergesa-gesa

Well,,, lets climb the mountain!!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: