Posted by: M'Creative | 7 February 2015

#OutdoorGearReview – Kompor Gas Mini untuk Naik Gunung, Murah untuk Pendaki Pemula Bagian 1


Kompor merupakan peralatan wajib yang harus dibawa saat mendaki gunung. Ada banyak kompor untuk naik gunung. Dengan bahan bakar cair (Spirtus, Alcohol, Minyak Tanah dll), gas (HiCook, Gasmate) maupun bahan bakar padat (parafin, briket dll).

Kita bahas mulai dari yang berbahan bakar Gas. Kompor naik gunung jenis ini banyak sekali beredar di pasaran, ada yang buatan china, korea, taiwan, jepang, usa, kanada dll.

Tiap2 pabrikan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kali ini saya mencoba me review kompor tingkat end level alias paling murah.

[metaslider id=2191] fhoto bisa di lihat di djafa

Kompor jenis ini sangat diminati pendaki pemula kalangan pelajar dan mahasiswa. Dengan harga 100-300 ribuan sudah dapat kompor mini untuk naik gunung yang ringan, ringkas dan cepat untuk memasak karena berbahan bakar gas. Bahkan lebih murah dari trangia mini yang kalau tidak pakai tabung tambahan bisa agak ribet untuk memasak.

Ada yang berbentuk kotak, bulat plus tambahan untuk anti angin, atau meniru kompor kelas kakap semisal MSR, Optimus, Primus dll.

Saya pada awalnya memang membeli trangia mini, karena suka mendaki sendiri, simple dan cukup untuk sendiri. Namun di saat ada temen mau ikut walhasil trangia mini tidak lagi bisa dipakai karena terlalu mini.

Dengan harga 150 ribu, kompor gas mini sudah ditangan. Untuk pemakaian di awal memang mengesankan. Lebih praktis dari trangia mini. Cukup membeli gas kaleng, pasangkan ke kompor dan sreng-sreng sreng,, telur dadar pun siap.

Namun hal itu biasanya tidak berlangsung lama. Kompor kelas ini seringkali bermasalah di beberapa bagian berikut :

  1. Putaran untuk memperbesar dan memperkecil gas.
  2. Tersumbat.
  3. Bocor karena seal atau bautnya kendor.

Dan masalah tersebut memang saya temui. Apesnya saat melakukan pendakian. Dari 4 kompor hanya 1 yang bisa dipakai. Ada yang bocor, tersumbat sehingga apinya tidak biru atau malah samsa sekali tidak menyala, tidak bisa di perkecil/perbesar volume gasnya.

Untuk memperbaiki kompor mini bisa saja, namun tidak bisa diperbaiki terus menerus, karena memang sudah aus ataupun kendor walaupun baru dipakai beberapa kali.

Kelebihan :

  1. Murah meriah

Kekurangan :

  1. Cepat rusak, karena memang materialnya murah
  2. Kurang aman
  3. Membuat tekanan darah cepat naik, apalagi pas naik gunung perut lapar, capek, malam2, dingin,, brrrrrrrr

 

Untuk pendakian trip 1-2 hari, kompor tipe ini bisa diandalkan, tapi untuk trip 3-7 hari ada baiknya upgrade kompor menghindari tekanan darah naik… gaesss😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: